a.jpg

Aku pernah menyelidik HSR Taiwan[1] selama 10 tahun sejak peresmiannya pada tahun 2007. Kalau mau memperkenalkan pariwisata di Taiwan, lebih baik mulai dari tema ini. Indonesia juga membangun sistem kereta cepatnya sendiri. Orang-orang sering berdebat mengenai kebutuhan kereta cepat di Indonesia. Contohnya Apakah Indonesia butuh kereta cepat? Sistem Jepang dan Cina mana yang lebih cocok untuk Indonesia. Tetapi tulisan ini tidak menjawab persoalan itu. Namun kadang-kadang bisa mendapat suatu jawaban jika pernah naik HSR Taiwan. 

 

Taiwan_High_Speed_Rail.jpg

HSR Taiwan mempunyai 12 stasiun. Rutenya melewati Taiwan Barat dan panjang total 349.5 kilometer dari Ibukota Taipei sampai kota Kaohsiung yang terbesar kedua dan juga pelabuhan terbesar.[2] Berkecepatan tertinggi 350 KM/H. Walaupun begitu biasanya berjalan di bawah kecepatan 300 KM/H demi keekonomisan. Perlu 94 menit dari Stasiun Taipei ke Stasiun Zuoying. Mantan rekan aku di Indonesia selalu menghabiskan 1 hari agar cuti pulang. Kalau ada kereta cepat mereka boleh menemani keluarganya lebih lama.

 

DSC00088.JPG

Dalam Kabin pemesanan ada 2 kursi in suatu sebelah sedangkan 3 kursi di sebelah lain. Lagipula pijak yang di bawah kursi dapat memutar seluruh set kursi. Dengan rancangan itu berapapun sesamanya beloh duduk bersama. Bahkan beloh duduk berhadapan satu sama lain. Karena Taiwan terletak di daerah tropis, Kabin HSR diperlengkapi dengan AC yang kapabilitasnya libih baik daripada yang pada sistem Shinkansen[3] Jepang. Kalau taruh segelas air dalam kabin selama perjalannya, tiada riak tampak di atas permukaan air.

 

S3010325.JPG

Jika anda mau berpergian ke luar negeri hal pertama pasti menyiapkan paspor dan beli tiket penerbangan. Hal kedua mungkin bagaimana pergi dari bandara ke tujuan anda. Di Bandara Taoyuan terbesar di Taiwan 30% penumpang naik HSR Taiwan. Terutama bus 705 bisa melayani penumpang di antara Bandara Taoyuan dan Stasiun Taoyuan.

 

DSC09172.JPG

Jika begitu banyak penumpang naik HSR ke bandara, mengapa HSR Taiwan selalu menghadapi kesulitan keuangan dari peremiannya? Alasan ini adalah pengangkutan transfer yang tidak cukup. Penumpang yang pergi ke bandara tujuannya sama saja. 1 rute bus bisa memuaskan keperluan transfer mereka. Penumpang ke tujuan lain tidak cukup banyak karena stasiun HSR terletak di pinggir kota. Hanya penumpang HSR tidak menunjang seluruh rute pengangkutan. Tetapi masih ada pengangkutan transfer yang bagus. Foto di atas itu layanan BRT di Stasiun Chiayi.

 

DSC09244.JPG

Setiap stasiun HSR paling sedikit ada 1 rute layanan transfer ke pusat kotanya. Pusat kota di Taiwan biasanya di sekitar stasiun TRA.[4] Kebanyakan orang-orang tidak tinggal di sekitar stasiun kereta. Penumpang HSR harus mentrasfer ke angkutan lain sekali lagi. Foto di atas adalah Stasiun Shalun TRA yang berada di tempat sama dengan Stasiun Tainan HSR. Stasiun Shalun sampai Stasiun Taiwan TRA saja. Penumpang sebaiknya memastikan rencana transfer sebelum berangkat.

 

20170109_115252.jpg

Selain Kabin Pemesanan HSR Taiwan ada 2 kelas kabin lain. Kabin ke-6 yang kursinya berwarna merah disebut Kabin Bisnis. Setiap deretan ada 4 kursi saja. Kabin dari ke-10 sampai ke-12 yang perlengkapannya sama dengan Kabin Pemesanan disebut Kabin Non-pemesanan[6].

 

20150331_220726.jpg

Kursi tidak pasti tersedia dengan tiket Non-pemesanan. Jenis tiket itu memberi diskon 3%. Alasan lain yang menyebabakan kesulitan keuangan ialah harganya. Meski diskonnya hanya 3%, kabin non-pemesan sering dipenuhi penumpang pada suatu waktu seperti libur berturut-turut.

 

Bukannya bermaksud mengejek kereta cepat Korea, film di atas itu malah menunjukkan sifat HSR Taiwan. Kapabilitas percepatan yang lebih tinggi sanggup mengangkut lebih penumpang dalam waktu sama. Taiwan merupakan salah satu negara yang memiliki amat tinggi kedapatan penduduk apalagi di daerah yang dilewati HSR Taiwan.

 

S3010238.JPG

HSR Taiwan menyediakan berbagai cara membeli tiket. Cara termudah adalah membeli di loket. Bahkan Penumpang boleh memesan tiket di minimarket seperti Indomart.

 

S3010226.JPG

Kalau anda tidak mau antre, mesin penjual otomatis tiket juga mudah dipakai. Namun mesin itu hanya dipakai dengan antarmuka Bahasa Inggris atau cina.

 

2013-02-03 14.02.32.jpg

Tapi berhati-hati beberapa mesin penjual tidak menerima tunai. Bahkan hanya kartu kredik/debit yang diterbitkan bank Taiwan efektif. Orang Taiwan tidak terbiasa pakai kartu kredit jadi hampir tidak ada antrean di depan mesinnya.

 

Screenshot_20170112-114017.png

Saya paling mrekomendasi membeli tiket dengan APP Texpress. Walaupun APP itu boleh menerima kartu kredit/debit. Di mana saja dan bilamana saja boleh memesan tiket HSR asal smartphone anda bersambung dengan Internet. Bahkan kamu boleh memesan paling lambat 5 menit sebelum kereta cepat berankat.

 

Screenshot_20170112-161923.png

Lagipula dengan APP Texpress tidak perlu memegang tiket kursi lagi. Hanya dengan Kode QR boleh melewati gerbang tiket. Cara itu juga mengurangkan penggunaan kursi.

 

Apakah anda ingin mengalami HSR Taiwan atau menantikan peresmiannya kereta cepat di Indonesia?

 

 

Catatan:

1. Singkatan dari “High Speed Rail” yang berarti kereta cepat.

2. Stasiun Nangang sebenarnya terletak di Distrik Nangang kota Taipei. Sedangkan Stasiun Zuoying juga terletak di Distrik Zuoying Kota Kaohsiung. Sudah menyerah akan Rencana perpanjang ke pusat Kota Kaohsiung.

3. Nama Sistem kereta cepat di jepang.

4. TRA singkatannya dari “Taiwan Railways Administration.”

5. Atau “Reserved Car” dalam Bahasa Inggris.

6. Atau “Non-reserved Car”.

 

創作者介紹

Scandinavia 斯堪地那維亞

dppt666 發表在 痞客邦 PIXNET 留言(0) 人氣()